HOME · IOS · Tutorial · Sitemap · Contact Me · Privacy Policy

Tips Menghemat Baterai iPhone iOS 8.1

iPhone 6

Memang kebanyakan dari kita merasa bahwa kapasitas dari baterai iPhone terlalu kecil. Dan setelah kita menggunakan iOS 8.1 dengan banyak perubahan fitur baru pada tampilan, pasti kita akan mengeluh baterai terlalu boros daripada iOS 7. Namun kamu semua jangan terlalu khawatir, saya akan memberikan tips untuk meghemat baterai iPhone yang menggunakan iOS 8.1.

1. Cek Aplikasi Yang Menguras Baterai

penggunaan baterai iphone

Lihat aplikasi apa saja yang banyak menguras baterai di perangkat iDevice kamu. Dengan cara masuk di aplikasi Pengaturan > Umum > Penggunaan > Penggunaan Baterai. Lihat apa ada aplikasi presentase penggunaan baterai yang ganjil  atau terlalu tinggi namun jarang kamu buka. Kemungkinan aplikasi tersebut terlalu lama berada di multitask atau notifikasi yang terlalu banyak.

2. Matikan Layanan Lokasi (Fitur Location)

layanan lokasi
layanan lokasi bbmlayanan lokasi peta

Kita tahu bahwa beberapa aplikasi di iDevice menggunakan fitur location untuk check in atau mencari lokasi misalnya. Jika kamu tidak pernah menggunaka fitur location di aplikasi yang kamu gunakan lebih baik matikan saja. Atau jika kamu menggunakannya namun jarang, kamu bisa menggunakan pilihan "Saat Menggunakan App".
Masuk di aplikasi Pengaturan > Privasi > Layanan Lokasi cari aplikasi yang menggunakan fitur ini, lalu matikan jika aplikasi tersebut tidak pernah kamu gunakan untuk menandai lokasi, jika masih kamu gunakan pilih opsi saat menggunakan app. Cara ini lumayan ampuh untuk menghemat baterai iPhone.

3. Matikan Notifikasi (Pemberitahuan)

notifikasi pemberitahuan

Notifikasi memang dibuat untuk mengetahui informasi apa yang masuk di aplikasi. Namun terlalu banyak notifikasi akan membuat baterai iDevice boros.Untuk itu matikan notifikasi yang terlalu ramai atau yang membuatmu merasa terganggu.
Caranya masih sama di aplikasi Pengaturan > Pemberitahuan/Notification, pilihlah aplikasi apa saja yang tidak kamu butuhkan untuk mendapat notikasi/pemberitahuan.

4. Matikan Fitur Pengunduhan Otomatis (Auto Downloads)

auto download

Fitur ini akan aktif ketika ada aplikaasi yang memerlukan pembaharuan (update) atau mengunduh music dan kontent lain yang kita beli dari AppStore dan iTunes. Dan saya yakin fitur ini tidak perlu dan kadang merugikan buat kalian karena waktu dan kuota paket data internet yang tidak tepat (kuota paket data yang nipis) :)).
Buka aplikasi Pengaturan > iTunes & App Store, scroll ke bawah lalu matikan pengunduhan otomatis.

5. Matikan Handoff

Handoff

Kebanyankan dari kita tidak tahu apa fungsi dari handoff. Fitur ini berfungsi untuk melakukan pekerjaan iDevice dari komputer, seperti membalas pesan, telepon dan lain-lain. Matikan saja fitur ini, karena saya tahu fitur ini tidak pernah kita gunakan. Caranya dengan masuk di aplikasi Pengaturan > Umum > Handoff & App yang Disarankan.

6. Atur Penggunaan Paket Data dan Wi-Fi

Paket Data

Ketika kamu berada di daerah yang sulit signal, atau tidak membutuhkan jaringan internet atau untuk menghemat kuota paket data kamu bisa mematikannya.
Dan jika kamu berada di lokasi yang menyediakan Wi-Fi lebih baik gunakan Wi-Fi, ini bisa menghemat kuota paket data kamu dan juga bisa menghemat baterai iPhone kamu. Masuk di aplikasi Pengaturan > Seluler > Data Seluler > Off.

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Menghemat Baterai iPhone iOS 8.1"

Post a Comment